Background

RAINBOW CLOUDS (AWAN PELANGI)


Sekarang ada fenomena langit terbaru, fenomena pelangi itu merupakan hal biasa sekarang sudah ada yang namanya pelngi api (fire rainbow) atau rainbow cloud (awan pelangi) di indonesia pun sudah pernah terjadi yaitu di Bandung. Awan warna-warni pelangi menarik perhatian warga kota Bandung dan sekitarnya petang tadi. Awan pelangi terjadi dalam kondisi langit cerah dan matahari hendak terbenam di ufuk barat dengan membentuk awan cumulus nimbus.


Awan ini berwarna-warni disebut awan pelangi, dan fenomena ini disebut permainan warna awan. Istilah ini berasal dari Iris, personifikasi Yunani pelangi. Ini mirip dengan warna yang Anda mungkin lihat ketika minyak terletak pada permukaan genangan air. Bila Anda melihat awan seperti ini, Anda tahu ada kristal es kecil atau tetesan air di udara. Kristal es yang lebih besar menghasilkan lingkaran cahaya matahari atau bulan, tapi kristal es kecil atau tetesan air menyebabkan cahaya berdifraksi - menyebar - menciptakan efek ini mirip pelangi di awan.

Karena tinggi, awan tipis yang terbuat dari kristal es kecil, dan jika awan berada pada sudut yang tepat dengan matahari. Awan yang dibutuhkan untuk peristiwa langka ini harus cirrus dan setidaknya 20.000 kaki di udara, dengan jumlah yang tepat dari kristal es. kristal akan membiaskan sinar matahari (seperti prisma) ke dalam warna pelangi. Jadi itu sangat mirip dengan pelangi saat-ini-hujan biasa, hanya sedikit lebih jarang.
Ini Pelangi api  pemandangan langka di pertengahan garis lintang, karena mereka hanya dapat terjadi ketika matahari berada 58 derajat atau lebih tinggi di atas cakrawala. Untuk Amerika Serikat pada umumnya penampakannya kira-kira sekitar 6 minggu kedua sisi titik balik matahari musim panas. Ketika Anda melihat jenis awan pelangi atau halo pelangi mengelilingi matahari, itu adalah tanda bahwa hujan akan datang dalam waktu 24 jam seperti ini awan cirrus biasanya datang menjelang front dingin mendekat.
Jadi penjelasan menurut fisika hanya sekadar pembiasan cahaya kristal es yang sangat padat.

gambar awan pelangi yang menakjubkan




Sumber :

Keyword : rainbow, difraksi, optik, pelangi api, colunimbus, pembiasan, kristal es

Categories: Share

2 komentar: